belajar gitar

Tip #1: Memilih Gitar yang Tepat untuk Anda

Ini sepertinya tempat yang jelas untuk memulai tetapi ketika Anda baru mulai belajar gitar, Anda mungkin hanya menggunakannya untuk pelajaran Anda, tetapi sebenarnya tidak memilikinya di rumah.

Membeli gitar yang dapat Anda latih secara teratur akan sangat mempercepat kemajuan Anda dan Anda akan mempelajari teknik-tekniknya dengan lebih teliti. Gitar pertama Anda tidak harus yang terbaik atau yang paling mahal, hanya perlu gitar yang dapat Anda pelajari dan latih secara teratur.

Namun, jangan hanya mengambil gitar termurah yang bisa Anda temukan, jika itu benar-benar mengerikan untuk dimainkan. Jika sulit dan membuat frustrasi untuk mempelajarinya, Anda cenderung tidak akan bertahan dengannya. Lihat tautan di bawah untuk beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam gitar pemula.

Anda bisa melihat tips yang kami bagikan melalui ChordTela.

Tip #2: Memilih Pilihan

Jika Anda hanya pernah memainkan gaya jari, ini tidak akan berlaku untuk Anda, tetapi sebaliknya Anda harus belajar bermain dengan pick, bahkan jika Anda tidak menggunakannya untuk semua yang Anda mainkan. Itu dapat membuat permainan Anda lebih kaya dan lebih dinamis untuk gaya dan teknik tertentu.

Apakah Anda sudah bermain dengan pick atau akan belajar menggunakannya – pastikan untuk memikirkan pick yang Anda gunakan.

Meskipun ini tampak seperti hal kecil, pick yang Anda gunakan dapat membuat perbedaan besar – seringkali gitaris tidak menggunakan pick yang sesuai dengan gaya atau selera atau kemampuannya.

Menemukan pick yang paling tepat dapat memudahkan Anda memainkan gaya Anda, dan dapat membuat Anda bermain lebih baik dan lebih akurat.

Tip #3: Beli Penyetem Gitar

Barang murah lainnya yang wajib dimiliki oleh setiap gitaris – dan terlebih lagi untuk pemula – adalah tuner elektronik.

Ini adalah cara yang sangat tidak efektif dan tidak efisien untuk belajar gitar jika Anda selalu tidak selaras. Bahkan jika Anda cukup dekat.

Sebagai gitaris pemula, mungkin sulit untuk mengetahui apakah Anda memainkan sesuatu yang salah atau hanya terdengar salah karena gitar Anda tidak selaras.

Dan itu hanya pikiran sadar Anda – alam bawah sadar Anda yang melakukan sebagian besar pekerjaan saat Anda bermain gitar (setelah beberapa saat). Jika alam bawah sadar Anda tidak tahu mengapa ada sesuatu yang terdengar salah (apakah permainan Anda atau gitar Anda tidak selaras?) ia tidak akan tahu apakah harus melakukan koreksi atau tidak.

Tuner elektronik memungkinkan Anda memastikan bahwa gitar selalu selaras. Jika Anda seorang pemula dan mencoba menyetel dengan telinga, kemungkinan besar Anda akan melewatkan banyak waktu – jadi bantulah diri Anda sendiri (dan alam bawah sadar Anda) dan dapatkan tuner.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa mereka hanya menyetel dengan telinga – dan Anda harus belajar menyetel seperti itu.

Saya tidak sedetik pun memperdebatkan manfaat penyetelan dengan telinga dan saya mendorong Anda untuk belajar menyetel dengan telinga. Namun, kecuali Anda memiliki nada yang sempurna (sesuatu yang hanya 1 dari 10.000 orang), maka tuner elektronik tidak hanya pendamping yang diperlukan, tetapi juga akan membantu Anda menyetel dengan telinga di kemudian hari.

Penyetelan Anda (kecuali jika Anda adalah salah satu dari 1 dari setiap 10.000 orang dengan nada suara yang sempurna) tidak akan begitu akurat untuk memulai. Jadi jika Anda tidak menyetel gitar dengan benar di awal – bagaimana Anda bisa mempelajari bunyi yang benar?

Mulailah karir gitaris Anda dengan tuner elektronik sehingga Anda tahu bahwa gitar Anda selaras dan mendengarnya dengan benar. Nantinya, Anda akan mempelajari seperti apa nada yang selaras dengan tingkat yang jauh lebih akurat – sekarang Anda dapat menyetel dengan telinga jika Anda mau dan Anda akan memiliki waktu yang jauh lebih mudah untuk menyetelnya.

Tentu saja Anda selalu dapat tetap menggunakan tuner Anda juga – tidak akan ada banyak kesempatan di mana Anda tidak akan memilikinya – dan jika Anda mendapatkan aplikasi tuner untuk ponsel Anda, Anda dapat menggunakannya setiap saat.

Tip #4: Apa yang diharapkan dari awal

Mempelajari cara memetik itu sulit dan akan terdengar aneh saat Anda pertama kali memulai. Serius, ini adalah saat Anda benar-benar harus terus berjalan dan menerima bahwa itu mungkin tidak akan mudah sepanjang waktu. Yang hanya membuatnya lebih memuaskan pada akhirnya. Kebanyakan orang berhenti pada awalnya karena mereka tidak menyukai suara yang mereka hasilkan. Ini akan meningkat seiring waktu.