cara mencari pekerjaan

Menemukan pekerjaan dalam situasi pasar kerja saat ini sangat menantang – jumlah karyawan yang membeku, PHK dan angka pengangguran yang tinggi berarti persaingan untuk mendapatkan pekerjaan lebih tinggi dari sebelumnya. Tanpa banyak pengalaman kerja, lulusan baru perlu membedakan diri dari kumpulan pelamar kerja dan mengamankan pekerjaan yang mereka inginkan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan lulusan baru dalam mencari pekerjaan selama pandemi:

  1. Bangun kehadiran online Anda

Dengan lebih banyak orang yang bekerja online, menggunakan media sosial untuk membangun branding Anda secara online dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas di antara calon pemberi kerja. LinkedIn – salah satu situs jaringan profesional terbesar di dunia untuk para profesional – adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Anda harus mengoptimalkan profil LinkedIn Anda dalam pencarian pekerjaan Anda sehingga perekrut dapat menjangkau Anda untuk peluang yang sesuai. Anda juga dapat menggunakan platform lain seperti Facebook, Instagram, dan bahkan TikTok untuk membangun merek Anda. Misalnya, jika Anda seorang desainer grafis, Anda dapat mengunggah karya seni Anda di Instagram untuk memamerkan karya Anda. Para calon pembuat konten dapat memposting kreasi video mereka di YouTube atau TikTok yang dapat digunakan sebagai portofolio karya.

  1. Perluas jaringan Anda

Membangun jaringan, baik online maupun offline, dapat membantu membuat pencarian kerja Anda lebih efisien dan berkontribusi pada pertumbuhan karir Anda dalam jangka panjang. Terhubung dengan calon pemberi kerja dan perekrut di situs jejaring sosial seperti LinkedIn untuk memasarkan diri Anda dan mempelajari tentang lowongan pekerjaan yang tersedia.

Selain jaringan, Anda dapat bergabung dengan grup atau halaman yang didedikasikan untuk pencari kerja di Facebook atau LinkedIn untuk mempelajari lowongan kerja baru dan berkenalan dengan sesama pencari kerja. Halaman LinkedIn , tempat kami berbagi kiat karier dan peluang kerja terbaru, adalah tempat yang baik untuk memulai.

  1. Tingkatkan kemampuan diri Anda

Ketika negara-negara mulai memberlakukan penguncian dan pembatasan pergerakan, banyak organisasi pembelajar mulai membuka kursus online mereka kepada publik secara gratis untuk mendorong orang tetap di rumah dan belajar.

Lulusan baru dapat menggunakan waktu senggang ini untuk mempelajari keterampilan baru yang dapat melengkapi keahlian mereka yang sudah ada sehingga posisi mereka akan lebih baik ketika lebih banyak peluang terbuka di pasar kerja.

Selain Campuspedia , Anda juga dapat belajar secara gratis di portal pembelajaran online ManpowerGroup powerYOU , yang memiliki lebih dari 10.000 kursus teknis dan non-teknis yang tersedia dalam berbagai bahasa. Terlebih lagi, Anda dapat menyertakan sertifikat yang diperoleh dari kelas online di CV Anda.

Selanjutnya anda tuangkan kapasitas dan potensi anda pada surat lamaran kerja, ada banyak contoh surat lamaran kerja yang sudah menyertakan bagian ini.

  1. Latihan Wawancara Online

Dengan pembatasan pergerakan dan langkah-langkah keamanan lainnya, sebagian besar perusahaan melakukan wawancara kerja secara virtual. Kuasai wawancara video dengan terlebih dahulu membiasakan diri Anda dengan alat konferensi video umum seperti Zoom dan Webex.

Meskipun Anda tidak bertemu pewawancara secara fisik, Anda tetap perlu memastikan bahwa Anda berpakaian profesional dan mempersiapkan diri untuk wawancara dengan melatih jawaban Anda atas pertanyaan wawancara yang sulit .

  1. Terbuka untuk Peluang

Peluang kerja sulit didapat di masa pandemi ini. Alih-alih menunggu pekerjaan impian Anda muncul, terbukalah untuk mengambil bentuk pekerjaan lain untuk mengembangkan keterampilan yang dapat ditransfer yang dibutuhkan di setiap industri, seperti komunikasi dan pemikiran analitis, dan dapatkan paparan dan pengalaman yang dapat membantu Anda bergerak ke peran yang lebih baik di masa depan.

Mencari pekerjaan selama krisis kesehatan saat ini akan sulit, tetapi jangan menyerah. Terus bekerja pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan manfaatkan penurunan ini untuk mempersiapkan diri Anda ketika peluang kembali.