Pengaruh Kelainan Refraksi terhadap Prestasi Belajar Murid Sekolah Dasar X Pekanbaru
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ilyas, S. Kelainan Refraksi Dan Kacamata. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2006.
WHO. Global Data on Visual Impairments[Internet];. 2010 (Cited 2017 May 21). Available from: http://www.who.int/blindness.
Media centre. Visual Impairment and Blindness. WHO. [Internet]; 2012. WHO. (Cited 2017 June 21). Available from: ttp://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs282/en/
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan menteri Kesehatan Republik Indonesia No.428/MENKES/SK/VI/2006 [PERATURAN]. 2006. (Cited 2017 June 11). Available from: perpustakaan.depkes.go.id:8180/bitstream//123456789/1265/1/KMK428-0606.pdf
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2013 [PERATURAN]. 2013. (Cited 2017 June 30). Available from: www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. In: KEMENKES, ed. Gangguan Penglihatan Dan Kebutaan. Jakarta Selatan; 2014. Available from: www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/...penglihatan.pdf
Toledo C, Paiva A, Camilo G, Maior M. Early Detection of Visual Impairment and Its Relation to Academic Performance. Rev Assoc Med Bras. 2010;56(4):415-419.
Garzia RP, Borsting EJ, Nicholson SB, Press LJ, Scheiman MM, Solan HA. Learning Related Vision Problems. Optometric Clinical Practice Guideline. USA: American Optometric Association; 2000. Available from: https://www.aoa.org
Rumondor NE, Rares LM. Hubungan Kelainan Refraksi dengan Prestasi Belajar Anak di SMP Kristen Eben Haezar 2 Manado [SKRIPSI]. Universitas Sam Ratulangi Manado. 2014 :2-7.
Lubis ENMS. Hubungan Tajam Penglihatan dengan Tingkat Prestasi pada Siswa Berprestasi SD Panca Budi Medan tahun 2014 [SKRIPSI]. Universitas Sumatera Utara. 2015.
Sidarta I, Yulianti SR. Ilmu Penyakit Mata. 5th ed. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2014.
Juneti, Nukman E, Bebasari E. Gangguan Tajam Penglihatan pada Anak Sekolah Dasar Kelas V dan Kelas VI di SDN 017 Bukit Raya Pekanbaru tahun 2014. JOM FK. 2015;II(2):1-10.
Komariah C. Hubungan Status Refraksi , dengan Kebiasaan Membaca , Aktivitas di Depan Komputer , dan Status Refraksi Orang Tua pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 28(2):137-140.
Fauzi L, Dan T. Skrining Kelainan REfraksi Mata pada Siswa Sekolah Dasar Menurut Tandadan Gejala. J Heal Educ. 2016;1(1):78-84.
Sofiani A. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Derajat Miopia pada Remaja di SMA Negeri 2 Temanggung. Unnes J Public Heal. 2016;5(2):176-185.
Fauziah MM, Hidayat M. Hubungan Lama Aktivitas Membaca dengan Derajat Miopia pada Mahasiswa Pendidikan Dokter FK Unand Angkatan 2010. J Kesehat Andalas. 2014;3(3):429-434.
Fredick, DR. Myopia clinical review. BMJ. 2002;1195-9:324(7347).
Pinudhi DWP. Miopia sebagai Faktor Resiko Terjadinya Penurunan Prestasi Belajar pada Anak SDN Cemara Dua Surakarta [SKRIPSI]. Universitas Surakarta. 2013.
DOI: https://doi.org/10.26891/jkm.v1i2.2018.81-87
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Yulia Wardany, Nurul Humairah Arfiza, Arfianti
All article published in Jurnal Kesehatan Melayu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons license, and indicate if changes were made.
-------------------------------------------------------------------------
Semua artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Melayu (jKM) didistribusikan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/), yang memungkinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi tanpa batas dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan sumbernya, berikan tautan ke lisensi Creative Commons, dan tunjukkan jika ada perubahan.