Pengaruh Kelainan Refraksi terhadap Prestasi Belajar Murid Sekolah Dasar X Pekanbaru

Yulia Wardany, Nurul Humairah Arfiza, Arfianti Arfianti

Abstract


Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internalnya adalah kesehatan mata. Anak yang mengalami kelainan refraksi berpotensi untuk mengganggu prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelainan refraksi terhadap prestasi belajar siswa SD X Pekanbaru. Design penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling pada 555 murid. Pemeriksaan visus digunakan untuk mendeteksi kelainan refraksi sedangkan ranking di sekolah digunakan sebagai acuan prestasi belajar siswa. Prevalensi kelainan refraksi ditemukan pada 16%. Hasil uji statistik tidak memperlihatkan adanya perbedaan prestasi belajar pada anak dengan atau tanpa kelainan refraksi. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan tidak adanya pengaruh kelainan refraksi terhadap prestasi belajar pada murid sekolah dasar.

Keywords


bimbingan belajar; jenis kelamin; visus

Full Text:

PDF

References


Ilyas, S. Kelainan Refraksi Dan Kacamata. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2006.

WHO. Global Data on Visual Impairments[Internet];. 2010 (Cited 2017 May 21). Available from: http://www.who.int/blindness.

Media centre. Visual Impairment and Blindness. WHO. [Internet]; 2012. WHO. (Cited 2017 June 21). Available from: ttp://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs282/en/

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan menteri Kesehatan Republik Indonesia No.428/MENKES/SK/VI/2006 [PERATURAN]. 2006. (Cited 2017 June 11). Available from: perpustakaan.depkes.go.id:8180/bitstream//123456789/1265/1/KMK428-0606.pdf

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar 2013 [PERATURAN]. 2013. (Cited 2017 June 30). Available from: www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. In: KEMENKES, ed. Gangguan Penglihatan Dan Kebutaan. Jakarta Selatan; 2014. Available from: www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/...penglihatan.pdf

Toledo C, Paiva A, Camilo G, Maior M. Early Detection of Visual Impairment and Its Relation to Academic Performance. Rev Assoc Med Bras. 2010;56(4):415-419.

Garzia RP, Borsting EJ, Nicholson SB, Press LJ, Scheiman MM, Solan HA. Learning Related Vision Problems. Optometric Clinical Practice Guideline. USA: American Optometric Association; 2000. Available from: https://www.aoa.org

Rumondor NE, Rares LM. Hubungan Kelainan Refraksi dengan Prestasi Belajar Anak di SMP Kristen Eben Haezar 2 Manado [SKRIPSI]. Universitas Sam Ratulangi Manado. 2014 :2-7.

Lubis ENMS. Hubungan Tajam Penglihatan dengan Tingkat Prestasi pada Siswa Berprestasi SD Panca Budi Medan tahun 2014 [SKRIPSI]. Universitas Sumatera Utara. 2015.

Sidarta I, Yulianti SR. Ilmu Penyakit Mata. 5th ed. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2014.

Juneti, Nukman E, Bebasari E. Gangguan Tajam Penglihatan pada Anak Sekolah Dasar Kelas V dan Kelas VI di SDN 017 Bukit Raya Pekanbaru tahun 2014. JOM FK. 2015;II(2):1-10.

Komariah C. Hubungan Status Refraksi , dengan Kebiasaan Membaca , Aktivitas di Depan Komputer , dan Status Refraksi Orang Tua pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 28(2):137-140.

Fauzi L, Dan T. Skrining Kelainan REfraksi Mata pada Siswa Sekolah Dasar Menurut Tandadan Gejala. J Heal Educ. 2016;1(1):78-84.

Sofiani A. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Derajat Miopia pada Remaja di SMA Negeri 2 Temanggung. Unnes J Public Heal. 2016;5(2):176-185.

Fauziah MM, Hidayat M. Hubungan Lama Aktivitas Membaca dengan Derajat Miopia pada Mahasiswa Pendidikan Dokter FK Unand Angkatan 2010. J Kesehat Andalas. 2014;3(3):429-434.

Fredick, DR. Myopia clinical review. BMJ. 2002;1195-9:324(7347).

Pinudhi DWP. Miopia sebagai Faktor Resiko Terjadinya Penurunan Prestasi Belajar pada Anak SDN Cemara Dua Surakarta [SKRIPSI]. Universitas Surakarta. 2013.




DOI: https://doi.org/10.26891/jkm.v1i2.2018.81-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yulia Wardany, Nurul Humairah Arfiza, Arfianti

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

View My Stats

All article published in Jurnal Kesehatan Melayu is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the source, provide a link to the Creative Commons license, and indicate if changes were made.

-------------------------------------------------------------------------

Semua artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Kesehatan Melayu (jKM) didistribusikan di bawah ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/), yang memungkinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi tanpa batas dalam media apa pun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan sumbernya, berikan tautan ke lisensi Creative Commons, dan tunjukkan jika ada perubahan.